5 Oleh-Oleh Khas Mojokerto yang Wajib Dibawa Pulang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
oleh-oleh khas situbondo

Mojokerto adalah kota yang berkembang pesat di Jawa Timur dengan banyak tempat wisata yang menarik.Alun-Alun Kota Mojokerto, Troulan, Museum Gubug Wayang, Water Land yang cocok untuk keluarga dan masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah yang harus dikunjungi ketika memutuskan untuk menghabiskan liburan Anda di Mojokerto.

Perjalanan Anda ke Mojokerto tidak akan lengkap kecuali Anda membawa pulang oleh-oleh untuk kerabat dan teman. Mojokerto menawarkan makanan dan jajanan khas Mojokerto yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

Onde-Onde

Khas Gresik, Gresik,
sumber : masakapahariini.com

Onde-onde adalah oleh-oleh khas Mojokerto dan telah menjadi ciri khas kota ini. Camilan ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kacang tanah yang ditumbuk dan kacang hijau. Taburan wijen di permukaan untuk membuat kue lebih beraroma dan lezat.

Ada banyak toko dan pusat souvenir yang menjual jajanan ini. Beberapa orang meletakkannya di luar saat masih panas, jadi ketika Anda makan, isian dari onde-onde akan terasa meleleh di mulut Anda.

Kerupuk Rambak

Khas Gresik, Gresik,
sumber : timesindonesia.co.id

Oleh-oleh selanjutnya adalah kerupuk rambak. Kerupuk ini terbuat dari kulit sapi yang menjadi bawaan khas dari kota Mojokerto. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Mojokerto maka akan mudah menemukan jajajan ini karena telah tersedia di toko-toko pinggir jalan daerah Trowulan dan Bangsal.

Cita rasa yang gurih ini akan membuat Anda selalu ingin menghabiskannya. Para penjual kerupuk ini menyediakan kerupuk mentah yang harus di goreng terlebih dahulu dan kerupuk yang telah digoreng. Jadi Anda bebas mau memilih yang mana untuk dapat dibawa pulang.

Keciput Wijen

Khas Gresik, Gresik,
sumber : indtimes.com

Keciput Wijen merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Mojokerto. Bentuknya sekilas mirip dengan onde-onde, akan tetapi ukuran dari jajanan ini lebih kecil dari pada onde-onde.

Selain itu pembeda keciput wijen dengan onde-onde adalah jajajan ini bertekstur kering dan renyah ketika dimakan. Dalam hal rasa keciput wijen memiliki rasa yang gurih dibandingkan dengan onde-onde yang dominan berasa manis.

Jajanan ini sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh bagi kerabat maupun teman. Selain itu Anda juga bisa menikmatinya ketika sedang berwisata di Mojokerto karena bentuknya yang kecil sehingga membawanya pun tidak akan merepotkan Anda.

Kerupuk Upil

Khas Gresik, Gresik,
sumber : merdeka.com

Mojokerto memiliki kerupuk lain yang dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh selain kerupuk rambak. Nama kerupuk ini cukup unik yaitu kerupuk upil. Kerupuk ini diolah dengan proses yang unik pula, yaitu dengan digoreng menggunakan pasir.

Baca Juga  5 Destinasi wisata alam Jawa Timur yang wajib dikunjungi

Sangat berbeda dengan kerupuk lainnya yang digoreng menggunakan minyak goreng, sehingga kerupuk ini memiliki cita rasa yang khas dari pada kerupuk yang lain.Memang proses pembuatan dari kerupuk ini sangat berbeda dengan kerupuk pada umumnya, akan tetapi kerupuk ini memiliki bahan yang sama dengan kerupuk yang lainnya.

Dalam menikmati kerupuk ini Anda dapat menjadikannya sebagai pelengkap dalam makanan berat seperti nasi, rujak, gado-gado, dan lain sebagainya. Atau juga Anda bisa menikmatinya sebagai camilan dengan sambal petis.

Keripik Ketela

Khas Gresik, Gresik,
sumber : cnnindonesia.com

Oleh-oleh berupa camilan, tentunya akan menjadi oleh-oleh paling favorit bagi banyak orang. Karena hal tersebut dapat dibagikan ke setiap kerabat maupun teman, sehingga orang terdekat kita bisa merasakan apa yang telah kita rasakan sebelumnya.

Pada oleh-oleh selanjutnya di daerah Mojokerto adalah kerupuk ketela. Ketika Anda berwisata ke Pacet, Mojokerto. Wajib hukumnya untuk membawa oleh-oleh ini ke rumah. Sangat banyak sekali para penjual di toko pinggir jalan yang menjual buah tangan ini, sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencarinya.

Keripik yang satu ini menyediakan berbagai rasa yang sangat disukai semua kalangan. Mulai dari rasanya yang asin dan manis. Anda dapat memilih sesuai selera untuk dapat merasakan makanan khas Mojokerto ini.

Atau jika Anda ingin mencicipi semua rasa, Anda dapat memborong semua rasa tersebut untuk dapat dijadikan pilihan yang cocok untuk camilan di rumah. Harga yang terjangkau membuat banyak wisatawan sering memborong makanan ini untuk dijadikan buah tangan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jajajan ini akan menguras dompet karena harganya yang yang terjangkau.

Itulah 5 Makanan Khas Mojokerto yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh bagi Anda yang sedang atau akan berkunjung ke kota ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menentukan oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.