Ada Indonesia? Inilah 5 Negara dengan Populasi Terbesar di Dunia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
negara dengan populasi terbesar

Negara dengan populasi terbesar tentunya akan membawa efek positif dan negatif secara bersamaan. Negara dengan populasi besar biasanya juga akan ditompang oleh ekonomi besar pula. Meskipun hal tersebut tidak selamanya benar.

Semakin besar populasinya semakin besar pula anggaran belanja negara yang harus dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya.

Ditambah lagi soal lapangan pekerjaan yang setiap tahunnya semakin menipis apabila tidak diiringi dengan kebijakan perluasan lapangan kerja skala besar.

Bicara mengenai populasi manusia, berikut 5 negara dengan populasi terbesar di dunia per 2021

Tiongkok

negara dengan populasi terbesar

Negara dengan populasi terbesar di urutan pertama adalah Tiongkok. Selain sebagai negara dengan penduduk terbanyak, Tiongkok merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Tiongkok memiliki luas wilayah 9.388.211 km2 dengan populasi sekitar 1,4 miliar orang. Terdapat puluhan ribu sungai dan tanah yang subur bagi pertanian serta perkebunan yang membantu populasi Tiongkok sejak ribuan tahun lalu semakin berkembang lebih pesat.

India

negara dengan populasi terbesar

Negara dengan populasi terbesar ke-dua adalah India. Negara yang berbatasan langsung dengan Tiongkok ini hanya memiliki luas wilayah 2.973.190 km2 atau jauh di bawah luas wilayah Tiongkok, namun populasinya mencapai 1,3 miliar orang.

Sama halnya dengan Tiongkok, India juga diberkahi banyak tanah yang subur dan sungai. Itulah yang membuat pertumbuhan populasinya meningkat tajam sejak ribuan tahun lalu. 

Amerika Serikat

negara dengan populasi terbesar

Amerika serikat menjadi negara dengan populasi terbesar ke-tiga di dunia. Berbeda dengan Tiongkok dan India, jumlah populasi di Amerika Serikat sendiri merosot jauh hingga di bawah angka 500 juta jiwa.

Negara dengan luas wilayah yang hampir sama dengan Tiongkok, yaitu 9.147.420 km2 ini memiliki populasi 332 juta orang. Dikarenakan Amerika Serikat dikenal sebagai negerinya para imigran, maka jumlah populasi yang dimilikinya dulu sangat sedikit.

Meskipun populasinya tidak sebesar Tiongkok dan India, tapi semangat industri yang dimiliki warga amerika sampai saat ini menunjukan kepada dunia dan ekonomi mereka masih berada di puncak.

Indonesia

negara dengan populasi terbesar

Negara dengan populasi terbesar di dunia urutan ke-empat ternyata masih dipegang Indonesia. Dengan luas wilayah 1.811.570 km2, Indonesia memiliki populasi mencapai sekitar 275 juta orang.

Meskipun sebagai negara kepulauan, namun sebagian besar penduduk Indonesia masih memadati Pulau Jawa, padahal masih ada empat pulau besar lainnya.

Baca Juga  Bupati Gresik Buka Seminar Internasional "Presidensi G20"

Pakistan

negara dengan populasi terbesar

Di posisi ke-lima ada Pakistan yang menjadi negara dengan populasi terbesar di dunia. Negara dengan luas wilayah 770.880 km2 ini memiliki jumlah penduduk 225 juta jiwa.

Meskipun jumlah penduduk Pakistan sempat berada di bawah Brasil pada 2010 silam, namun terjadi peningkatan serius dalam satu dekade terakhir yang membuat negara ini berhasil meraih posisi kelima dengan populasi terbesar dunia.

Sekadar informasi, Pakistan merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki tingkat pertumbuhan penduduk tercepat, yakni 2 persen per tahun. Sedangkan, beberapa negara di dunia lainnya masih tertahan di bawah angka 1 persen.

Nah, itulah 5 negara dengan populasi terbesar di dunia saat ini. Bagaiman pendapatmu tentang Indonesia yang masuk dalam negara dengan populasi terbesar di dunia?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.