5 Makanan Tradisional Indonesia yang hanya ada ketika Bulan Ramadan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
makanan tradisional

Ramadhan selalu memberikan nuansa yang membuat rindu bagi umat muslim Indonesia. Masyarakat di setiap daerah punya cara masing-masing untuk menyambut bulan yang suci. Ada berbagai ritual adat yang tetap berjalan hingga kini. Ada pula kuliner khas yang hanya bisa dijumpai di daerah tertentu.

Kuliner khas daerah ini beberapa cuma muncul ketika bulan Ramadan tiba. Mereka kerap jadi incaran untuk menu buka puasa atau takjil. Tidak sedikit orang yang rela menyisihkan waktu untuk berburu makanan tradisional khas Ramadan. Langsung saja keulasannya!

Lemang

Khas Gresik, Gresik,

Lemang adalah makanan tradisional Ramadan di daerah Aceh. Aroma makanan yang dibuat dari ketan ini sangat menggoda. Bau tersebut ditimbulkan dari daun pisang pembungkus lemang. Harga 50-60 sentimeter sekitar Rp 50 ribu.

Ebetan

Khas Gresik, Gresik,

Makanan ini berbahan dasar kacang panjang, daun belimbing, terong, paria dan daun kemangi. Semua bahan dicampur dengan bumbu urap kelapa. Ebetan biasa digunakan sebagai makanan pengganti ayam taliwang, satu pusut dan pelecing kangkung.

Asida

Khas Gresik, Gresik,

Makanan tradisional Ramadan ini ada di Maluku. Asida terbuat dari tepung terigu, gula merah, kapulaga, daun pandan dan kayu manis. Makanan ini berasal dari Arab yang mempunyai rasa kenyal seperti dodol.

Pakat

Khas Gresik, Gresik,

Jika bambu muda dimanfaatkan sebagai bahan baku lodeh, berbeda dengan rotan muda. Masyarakat Tapanuli, Sumatera utara memanfaatkan rotan muda sebagai hidangan saat berbuka. Rotan muda tersebut dibakar dan dibumbui

Sate Susu

Khas Gresik, Gresik,

Sate ini bisa kamu temukan di Pulau Dewata. Tepatnya di Kampung Jawa, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Bali. Sesuai namanya, sate susu ini berbahan dasar puting susu yang direbus dan dibumbui. Kini sate susu tergolong makanan langka karena kenaikan harga puting susu yang tinggi.

Baca Juga  Pudak Mini, Jajanan Sangat Nikmat, Khas Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.