5 Makanan Tradisional ini Sering ditemukan di Acara Hajatan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Makanan Tradisional ini seringkali kita temui pada waktu menghadiri pernikahan. Terkadang kita sering menemui makanan ini, akan tetapi kurang tahu apa nama dari makanan tradisional ini.

Setiap daerah biasanya berbeda dalam menyajikan jenis makanannya, apalagi Indonesia ini negara yang kaya akan jenis kuliner dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya soto, empal, sate, rawon saja yang selalu hadir dalam sajian makanan di acara pernikahan orang Indonesia. Berbagai jenis makanan tradisional ini harus dilestarikan dan wajib ada dalam setiap acara pernikahan.

Berikut 5 Jenis makanan yang wajib ada dalam acara pernikahan :

Kelicuk

Khas Gresik, Gresik,
sumber : merahputih.com

Kelicuk adalah makanan khas yang berasal dari suku Rejang, tepatnya di Sumatra Selatan. Makanan ini terbuat dari pisang yang dicampur dengan beras ketan, lalu dibungkus dengan daun pohon pisang. Makanan ini disuguhkan saat acara pernikahan maupun kegiatan tradisional daerah lainnya. Kelicuk melambangkan kesuburan, sehingga dapat diharapkan untuk pasangan pengantin baru segera diberikan anak.

Jenang

Khas Gresik, Gresik,
sumber : mesinparutkelapa.id

Jenang adalah makanan khas yang selalu ada di acara pernikahan masyarakat Jawa. Jenang diartikan sebagai ucapan syukur kepada sang pencipta dari sang pemilik acara. Makanan tradisional ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis.

Jenang merupakan makanan khas masyarakat suku Jawa yang selalu hadir dalam acara pernikahan. Makanan ini diartikan sebagai rasa ucapan syukur kepada pencipta karena dapat melaksanaan acara yang sakral ini. Tekstur dari makanan ini sangat kenyal dan rasanya yang manis.

Rengginang

Khas Gresik, Gresik,
sumber : kumparan.com

Makanan ini terbuat dari nasi atau beras ketan yang di keringkan lalu digoreng. Makanan ini juga sering ditemukan di acara pernikahan masyarakat suku Jawa. Rengginang memiliki rasa yang unik dan renyah ketika dimakan.

Madumongso

Khas Gresik, Gresik,
sumber : kuliner.hops.id

Madumongso merupakan jajanan yang memiliki rasa masam yang bercampur manis. Makanan ini terbuat dari fermentasi ketan hitam. Madumongso seringkali ditemui di acara pernikahan masyarakat suku jawa, khususnya daerah Jawa Timur.

Lemper

Khas Gresik, Gresik,
sumber : selerasa.com

Makanan yang khas dengan dibungkus daun pisang ini berbahan dasar ketan yang diisi abon sapi maupun abon ayam. Makanan ini juga sering ditemui di acara pernikahan masyarakat suku Jawa. Lemper tidak memiliki makna khusus dalam sebuah pernikahan, akan tetapi makanan ini seringkali disajikan di setiap acara pernikahan adat Jawa.

Baca Juga  Bahaya, 6 Buah ini Tidak Boleh Dicampur dengan Susu
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.