5 Kuliner Khas Balikpapan, Cobalah Saat Berkunjung Kesana

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Setiap daerah memang memiliki ciri khas masing-masing. Mulai dari budaya, pakaian, adat, kepercayaan, hingga makanan khas daerah tersebut. Di negeri yang terdiri atas banyak pulau ini banyak sekali kuliner khas masing-masing kota pada setiap pulau, khususnya yang akan kita bahas di sini adalah kuliner yang berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Untuk rasa jangan diragukan lagi, kuliner yang berada di sini sangat enak untuk dapat dicoba oleh sahabat kreatif yang berencana untuk berkunjung kesana. Berikut kuliner yang wajib dicoba ketika di Balikpapan, Kalimantan Timur :  

Pisang Gapit

Khas Gresik, Gresik,
sumber : id.pinterest.com

Pisang jepit atau yang biasa disebut pisang gapit merupakan makanan khas Balikpapan yang sangat populer dan wajib dicoba ketika Sahabat kreatif datang ke kota ini. Pengolahan masakan pisang ini dilakukan dengan cara membakar kayu bakar dan dibiarkan hingga matang.

Pisang Gapit disajikan dengan kuah manis yang terbuat dari gula merah, santan dan potongan nangka segar. Dengan rasa yang nikmat, jajanan khas Balikpapan ini sering dijadikan teman minum teh saat sore hari.

Abon Kepiting

Khas Gresik, Gresik,
sumber : adira.co.id

Jika daging giling di pasar biasanya menggunakan daging sapi atau ayam untuk dijadikan abon, maka di Balikpapan memungkinkan sahabat kreatif untuk menikmati berbagai jenis abon, yaitu abon yang terbuat dari daging kepiting.

Rasanya yang asin sehingga kepiting giling ini disukai banyak orang. Makanan khas ini memiliki daya simpan yang sangat baik dan masakan khas Balikpapan ini sering menjadi pilihan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan.

Nasi Bakar Seafood

Khas Gresik, Gresik,
sumber : selerasa.com

Kota Balikpapan tentu kaya akan ikan dan kerang hasil dari melaut para nelayan. Tak heran jika banyak makanan khas Balikpapan yang berbahan dasar laut. Salah satunya adalah nasi bakar dengan seafood.

Sajian khas Balikpapan dengan rasa yang gurih dilengkapi dengan udang, ikan atau kepiting ini akan memanjakan para pecinta seafood.

Amplang

Khas Gresik, Gresik,
sumber : dunia-perairan.com

Kuliner khas Balikpapan selanjutnya yang bisa sahabat kreatif coba adalah Amlang. Seperti halnya kerupuk ikan, camilan yang renyah ini dibuat dengan bahan dasar ikan seperti ikan kembung, gabus atau yang dijuluki belida, ikan tenggiri, dan tepung sagu.

Selain renyah dan enak, Amplang yang merupakan sahabat kreatiflan Barikpapan ini dibuat dengan ayam bawang, barbeque, lada hitam dan banyak rasa favorit lainnya.

Baca Juga  Inilah 5 Resep Dodol dari Berbagai Daerah di Indonesia

Bingka Kentang

Khas Gresik, Gresik,
sumber : youtube.com

Kalimantan memang identik dengan masakan Bingka. Salah satu pemandangan khas kota yang bisa sahabat kreatif temukan saat berkunjung ke Balikpapan adalah Bingka kentang. Namanya berasal dari fakta bahwa salah satu bahan utama masakan tradisional Balikpapan ini adalah kentang.

Dengan rasa asli yang manis, Bingka kentang sekarang dibuat dengan berbagai rasa, termasuk cokelat, gula merah, pisang, dan keju.

Itulah 5 Makanan Khas Balikpapan yang Harus Dicoba Saat Berkunjung Kesana shabat kreatif. Semoga membantu dalam rekomendasi Anda ketika berkunjung kesana.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.