5 Khasiat Anggur yang Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
khasiat anggur

Anggur dikenal sebagai salah satu buah dengan beragam warna dan bentuk sesuai jenisnya. Ada anggur hijau, merah, unggu dan masih banyak lagi.

Buah anggur sendiri bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai makanan ataupun minuman, misalnya seperti salat buah, kismis, jus hingga wine.

Banyak orang mengkonsumsi buah ini bukan karena rasanya yang nikmat tetapi juga untuk mendapatkan khasiatnya. Berbagai nutrisi yang terdapat pada anggur sangatlah bermanfaat bagi tubuh.

Apa saja sih khasiat anggur bagi tubuh kita? Berikut ini beberapa khasiat anggur yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita jika dikonsumsi secara rutin.

Menjaga kesehatan jantung

khasiat anggur
photo by tribunnews.com

Secara garis besar, khasiat anggur dapat menjaga kesehatan jantung dengan dua cara. Yang pertama, buah ini bisa menjaga tingkat tekanan darah dengan sangat baik. Hal itu disebabkan oleh kandungan mineral yang bernama potasium.

Dalam sebuah jurnal The US National Academies Press tahun 2005, memberi kesimpulan bahwa asupan potasium yang rendah bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan strok.

Sedangkan yang kedua, khasiat anggur ternyata mampu mencegah kadar kolesterol tinggi dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol.

Dalam hal tersebut, senyawa alami polifenol-lah yang memiliki peran penting. Sebuah tinjauan ilmiah dalam US National Center for Biotechnology Information tahun 2017 lah yang membuktikan hal tersebut.

Mencegah kanker

khasiat anggur
photo by sehatq.com

Khasiat anggur yang pertama adalah mampu mencegah berbagai jenis kanker. Hal itu dikarenakan adanya kandungan senyawa tanaman yang bernama resveratrol.

Hasil dari tinjauan ilmiah dalam US National Center for Biotechnology Information tahun 2018, senyawa resveratrol telah terbukti mampu mencegah kanker dengan cara mengurangi inflamasi, mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Pada tahun 2016, tinjauan ilmiah lain dari sumber yang sama telah membuktikan bahwa katekin, kuersetin, dan antosianin yang terkandung dalam anggur juga dapat melawan kanker.

Mencegah berbagai penyakit kronis

khasiat anggur
photo by fk.unair.uc.id

Khasiat anggur yang berikutnya adalah mampu mencegah berbagai penyakit kronis. Seperti yang sudah diketahui bahwa inflamasi kronis memegang peran kunci dalam perkembangan penyakit kronis, seperti diabetes, kanker dan radang sendi.

Dalam laporan US National Center for Biotechnology Information tahun 2017, disimpulkan bahwa kandungan resveratrol dalam anggur memiliki sifat antiinflamasi.

Baca Juga  Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami Terbaru 2021

Kesimpulan di atas diperkuat dengan hasil dari sebuah penelitian lain pada tahun 2012 yang juga dari sumber yang sama.

Dalam penelitian tersebut ada 24 pria mengidap sindrom metabolik mengalami peningkatan jumlah senyawa antiinflamasi dalam darah mereka setelah mengonsumsi ekstrak bubuk anggur atau setara dengan memakan 252 gram buah anggur segar.

Menjaga kesehatan mata

khasiat anggur
photo by okezone.com

Pada tahun 2015 silam, ada sebuah tinjauan ilmiah terbitkan US National Library of Medicine menunjukkan bahwa resveratrol mampu melindungi sel-sel retina pada mata manusia dari sinar ultraviolet A. Sehingga mampu menurunkan risiko pengembangan age-related macular degeneration (AMD).

Di tahun 2016, tinjauan ilmiah dari kerjasama antara King Saud University dan University of Florida College of Medicine dalam US National Library of Medicine juga membuktikan bahwa resveratrol mampu mencegah katarak, glaukoma dan penyakit mata akibat diabetes.

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa zeaksantin dan lutein yang ada pada anggur mampu melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya biru. Wah, keren ya!

Meningkatkan memori dan mood

khasiat anggur
photo by tempo.co

Hasil dari beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi buah anggur secara rutin itu dapat menyehatkan otak dan meningkatkan daya ingat serta mood.

Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut adalah sebuah studi dalam US National Center for Biotechnology Information tahun 2017.

Dalam studi tersebut, ada dua puluh orang dewasa yang sehat mengonsumsi 230 ml jus anggur dan dua puluh menit kemudian mereka menunjukkan kecepatan peningkatan keterampilan yang berhubungan dengan memori dan mood.

Nah, itulah beberapa khasiat anggur yang menyehatkan dan sangat baik untuk tubuh kita. Namun perlu diingat juga bahwa, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi, selalu bijak dalam mengonsumsinya, ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.