Berikut 5 Industri Pabrik Terbesar yang Ada di Gresik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
industri

Gresik adalah sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki sederet julukan salah satunya adalah Gresik Kota Industri. Hal ini dikarenakan banyaknya pabrik besar yang ada di Gresik.

Pabrik-pabrik besar tersebut selain menghasilkan produk-produk yang berguna bagi masyarakat juga turut adil dalam menyerap tenaga kerja masyarakat Gresik dan sekitarnya.

Gresik memiliki kawasan pabrik yang dikenal sebagai Kawasan Industri Gresik (KIG). Di kawasan ini banyak disewakan atau dijual lahan untuk pabrik. Bukan hanya di KIG saja, banyak pula pabrik besar lainnya yang berada di luar kawasan KIG.

Diantaranya adalah pabrik pupuk, semen, makanan, peralatan rumah tangga dan energi. Berikut ini ada lima dari beberapa pabrik besar yang ada di Kabupaten Gresik.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

industri
semen indonesia/gresik

PT Semen Indonesia merupakan perusahaan semen terbesar di Indonesia. Sebelumnya pabrik ini dikenal sebagai PT Semen Gresik (Persero) Tbk yang kemudian melakukan pergantian nama pada tanggal 20 Desember 2012.

Industri semen ini tidak hanya mencukupi kebutuhan di lingkup dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri. PT Semen Indonesia memiliki anak perusahaan yaitu PT Semen Tonasa (SUlawesi Selatan), PT Semen Padang (Sumatra Barat), PT Semen Gresik (Jawa Timur) dan Thong Long Cement (Vietnam).

PT Petrokimia Gresik

industri
petrokimia gresik

Pada awalnya pabrik ini berdiri dengan nama Proyek Petrokimia Surabaya di tahun 1962. Perusahaan ini bergerak dalam industri pupuk dan bahan kimia lain untuk agroindustri. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari PT Pupuk Indonesia (Persero).

Sebagai pabrik terbesar di Gresik, PT Petrokimia Gresik ini memiliki komitmen untuk mendukung terwujudnya kemajuan dunia pertanian dan mendukung terwujudnya ketahanan pangan.

PT Karunia Alam Segar

Pabrik ini didirikan pada tahun 1996 dan dikelola oleh Wings Group yang merupakan produsen produk rumah tangga serta perawatan tubuh yang berpusat di Jakarta dan Surabaya.

PT Karunia Alam Segar berkonstrasi dalam bisnis makanan. Perusahaan ini adalah produsen mie instan yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu Mie Sedap yang kemudian menciptakan varian lain yaitu Mie Sedap Cup.

PT Maspion

Maspion dulunya hanya pabrik kecil yang memproduksi lampu teplok dari logam dan aluminium. kemudian berkembang hingga menjadi salah satu perusahaan penghasil perkakas yang besar di Indonesia.

Baca Juga  Gus Yani Hadiri Tradisi Semarak Sanggring Kolak Ayam Gumeno

Produksi yang dihasilkannya berupa peralatan rumah tangga baik peralatan plastik, peralatan listrik maupun barang pecah belah. Tidak hanya masuk pasar dalam negeri saja melainkan sudah mendistribusikan hasil produksinya hingga ke luar negeri.

PT Barata Indonesia (Persero)

industri
barata indonesia

Perusahaan industri ini berdiri sejak tahun 1924 dengan nama awal Perseroan “NV BRAAT”. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa EPC, Kontruksi dan Manufaktur.

Ditahun 2018, Barata Indonesia meresmikan divisi baru berupa Divisi Komponen Turbin guna memperkuat posisi perusahaan dalam bidang pembangkit listrik.

Itu tadi lima dari beberapa industri besar yang ada di Gresik. Sebenar masih banyak sekali pabrik penghasil produk-produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang lain.

Meskipun banyak industri berskala besar, industri rumahan (home industri) juga tetap hidup di kawasan ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.