5 Fakta Bir Pletok, Minuman Rempah Khas Betawi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
bir pletok

Meski namanya bir, tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir pletok merupakan minuman rempah khas Betawi yang memiliki khasiat baik bagi tubuh.

Minuman yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini identik berwarna merah dan memiliki aroma dan rasa rempah yang begitu kuat. Nah, berikut ini 5 fakta bir pletok, minuman rempah khas Betawi yang menyehatkan.

Sudah ada sejak zaman penjajahan

bir pletok
photo by beergembira.com

Diciptakan oleh masyarakat Betawi pada zaman penjajahan Belanda. Hal itu berawal ketika masyarakat Betawi mulai memperhatikan kebiasaan para kolonial Belanda minum bir.

Menggunakan bahan baku rempah-rempah, masyarakat Betawi pun akhirnya mulai meracik minuman sendiri yang kemudian diberi nama bir pletok.

Asal-usul namanya

bir pletok
photo by detik.com

Menurut sumber sudinpusarjakpus.jakarta.go.id, pemberian nama bir pletok diambil dari warnanya yang kemerahan menyerupai bir. 

Sedangkan, untuk nama pletok diambil dari suara yang terdengar saat mencampur minuman rempah ini di dalam wadah bambu. Sampai sekarang, minuman ini masih sangat populer di kalangan masyarakat Jakarta. 

Terbuat dari aneka rempah

bir pletok
photo by mnews.com

Terbuat dari aneka campuran rempah-rempah yang cukup komplit dibanding dengan minuman rempah lainnya. Warna merah yang menjadi ciri khasnya berasal dari kayu secang.

Selain kayu secang, minuman ini juga mengandung jahe, kayu manis, lada hitam, serai, adas, cabe jawa, cengkeh dan kapulaga. Bahan-bahannya sendiri tergolong komplet untuk secangkir minuman penghangat badan. 

Memiliki banyak manfaat

bir pletok
photo by bacaresepdulu.com

Tidak hanya digunakan untuk menghangatkan badan saja, minuman rempah satu ini juga sangat nikmat apabila dijadikan minuman penambah stamina dan peningkat imunitas.

Bisa disajikan hangat maupun dingin

bir pletok
photo by koranbogor.com

Bir pletok biasanya disajikan dalam keadaan hangat. Namun buat kamu yang suka minuman dingin juga bisa menikmati dalam keadaan dingin, kok.

Dengan menambahkan es batu di dalamnya, akan membuat minuman ini menjadi lebih segar dan gak bikin serak di leher. 

Itu tadi 5 fakta dari bir pletok. Hingga saat ini bir pletok masih menjadi minuman favorit masyarakat Betawi untuk menjaga kesehatan, khususnya di musim hujan. Apakah kamu sudah pernah mencobanya? 

Baca Juga  Menelusuri Asal Usul Nasi Krawu, Kuliner Khas Gresik
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.