5 Dampak Positif Pengaruh Game Online yang Sering Diabaikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Semua aktivitas yang dilakukan setiap orang pasti memiliki sisi positif dan negatifnya, seperti halnya dalam bermain game online. Game online tidak sepenuhnya berdampak negatif terhadap perkembangan anak. Hal tersebut ternyata dapat dipengaruhi oleh sudut pandang yang berbeda-beda.

Sampai saat ini, sebagian besar orang tua pasti akan melihatnya dari satu sisi saja yaitu sisi negatifnya sehingga kegiatan ini selalu terlihat kurang baik dalam pertumbuhan anak. 

Pada Umumnya, dampak dari bermain game online tidak selalu jelek. Para Orang tua sebenarnya hanya perlu melihatnya dari segi yang berbeda dari yang telah dilihat selama ini.  Selain itu, pengaruh perkembangan teknologi yang membuat sebagian besar dari setiap anak sampai dewasa sangat suka permainan seperti ini. 

Pertanyaannya yaitu, apakah bermain game online memiliki dampak yang baik? Berikut ini adalah 5 dampak positif dari bermain game online yang bisa anak-anak atau orang dewasa rasakan. 

Aktivitas Otak Semakin Bertambah

Dampak positif dari bermain game online yang bisa kita rasakan adalah mengasah dan menambah aktivitas otak. Tentunya, pada setiap permainan membutuhkan konsentrasi yang tinggi supaya dapat fokus untuk mencapai skor tertinggi.

Tidak hanya itu, dalam menyelesaikan misi di game online membutuhkan beberapa strategi yang tepat sehingga membuat otak para pemainnya untuk mencari inovasi agar dapat menang melawan lawan. 

Teknologi yang dibuat dalam permainan game online memberikan pengaruh dalam pertumbuhan rasa sportifitas pada lawan. Hal tersebut bisa membuat para pemain lebih siap dalam menerima kekalahan tanpa rasa kecewa ataupun kemenangan dengan rendah hati (tidak menyombongkan diri).

Cara yang seperti ini bisa membuat para pemain bermain lebih jujur dalam mengikuti aturan yang berlaku pada game tersebut. 

Pada umumnya permainan olahraga online ini tidak dipelajari oleh orang dewasa saja, namun anak kecil sampai remaja pun dapat memahami makna dari setiap permainan game online.

Permainan online ini memang bisa dimainkan oleh segala umur akan tetapi para pemain harus memastikan juga dalam mengawasi anak-anak supaya tidak berlebihan dalam memainkan permainnya.  

Pada area game online seringkali dibutuhkan kemampuan dalam kerjasama tim untuk bisa mendapatkan sebuah kemenangan dan bonus ketika menyelesaikan game. Oleh karenanya, para pemain pun akan otomatis dilatih supaya terbiasa berkomunikasi aktif bersama timnya untuk saling mendukung dan membantu. 

Baca Juga  pengertian tentang VPN dan kegunaannya

Komunikasi dalam tim ini juga dapat digunakan untuk mengatur strategi antar pemain supaya para pemain dengan tim yang sama dapat kompak melawan musuh.  Hal tersebut pastinya sangat penting agar kemenangan lebih mudah didapatkan. 

Membiasakan Multi Tasking

Supaya para pemain dapat menggapai kesuksesan dalam bermain game online, dibutuhkan kemampuan yang baik. Maka dari itu, para pemain memerlukan konsentrasi yang tinggi supaya dapat melakukan hal tersebut.

Kebiasaan tersebut bisa mendapatkan dampak positif dalam bermain game online yaitu terbiasa melakukan lebih dari satu kegiatan dalam waktu yang bersamaan. 

Mendapatkan Aktivitas Berbeda Untuk Menghibur Diri

Semua aktivitas yang kita lakukan setiap harinya memang seringkali membuat kita merasa bosan. Perasaan yang seperti itu bisa membuat turunnya kinerja dari seseorang baik anak-anak di sekolah sampai para orang dewasa yang sudah bekerja.

Maka dari itu, awalilah dengan mencari aktivitas yang berbeda seperti bermain game online untuk bisa menghibur diri dan mengembalikan rasa semangat, sehingga kita lebih produktif dalam melakukan semua aktivitas.

Jadi itulah 5 pengaruh positif yang bisa para pemain rasakan setelah bermain game online. Ternyata, dalam memainkan permainan online tidak selalu buruk loh kawan jika kita tidak melakukannya secara berlebihan dengan porsi yang pas dengan waktu kita belajar ataupun bekerja.

Untuk dapat memastikan masa depan anak dan setiap keluarga tetap terjamin keprokdutifitasannya, perlu adanya perhatian dalam membagi waktu dengan baik dan selalu mengkomunikasikan hal yang perlu dibatasi.

Sangat penting dalam menjaga produktifitas pada setiap orang agar dalam menjalani hidup tidak selalu konstan. Perlu adanya hiburan ataupun pekerjaan yang dapat membuat setiap orang menghargai setiap waktu yang dilalui setiap harinya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.