4 Tips Jitu Menentukan Gaya Kepemimpinan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Khasgresik.com – Seringkali ketika kita diberikan sebuah tanggungjawab yang besar sebagai seorang pemimpin, baik itu pemimpin perusahaan atau sebuah komunitas ada moment untuk menentukan gaya kepemimpinan yang akan diterapkan. Hal ini sangat berpengaruh pada keberlangsungan dan progres tantangan yang akan terjadi.

Salah satu cara yang efektif untuk mengetahui apa yang tepat kita yaitu mengembangkan gaya dengan memperluas gaya lain sesuai dengan situasi yang dihadapi. Sehingga nantinya akan membantu kita dalam meningkatkan efektivitas kemimpinan kita.

Sebagai informasi dan juga tips bagi Anda, maka berikut 4 tips jitu dalam menentukan Pola kepemimpinan yang cocok untuk Anda :

Mengenali Diri Sendiri

Khas Gresik, Gresik,

Awalilah dengan meningkatkan kesadaran tentang gaya kepemimpinan yang dominan pada diri Anda. Hal ini dikarenakan Anda yang melakukan dan bertanggungjawab atas jabatan pimpinan yang sudah diberikan.

Anda bisa mengetahui ini dengan meminta teman atau kolega Anda yang terpercaya untuk menjelaskan kekuatan gaya yang cocok untuk Anda. Dikarenakan sekitar atau lingkungan Anda yang menilai dan merasakan efek dari progress dan hasil kepemimpinan Anda selama ini

Selain itu, Anda bisa mengikuti pelatihan yang melibatkan personal branding dalam leadership atau kepemimpinan. Selain Anda bisa mengetahui limitasi yang Anda miliki, Anda juga bertemu dengan pemimpin lain dan salah satu hal yang paling menjadi spesial adalah kita bisa sharing ilmu dengan mereka yang sudah berpengalaman dalam menerapkan metode kepemimpinan.

Sering kali pula, teknik atau pola kepemimpinan setian usaha , instansi atau organisasi bisa berbeda beda satu dengan yang lain.

Pemahaman Terkait Gaya yang Berbeda

Khas Gresik, Gresik,

Anda harus dapat mengetahui macam-macam gaya yang dapat Anda bandingkan dengan nilai pelatihan penilaian gaya Anda. Pemahaman ini perlu dipahami karena terkadang gaya kepemimpinan kita merujuk ke dua atau lebih gaya.

Oleh karena itu, kita harus melihat kriteria yang nilainya lebih condong ke salah satu gaya kepemimpinan kita. Maka, dapat dikatakan bahwa itulah gaya kepemimpinan kita sebenarnya.

Memang terlalu dini dalam menyimpulkan hal tersebut, akan tetapi dengan adanya itu bisa memberikan pandangan untuk dapat memperkuat teknik kepemimpinan kita ke depannya.

Berlatih Menjadi Seorang Pemimpin

Khas Gresik, Gresik,

Mulailah untuk berlatih dengan memimpin kelompok kecil seperti pengerjaan tugas kelompok yang diberikan guru. Untuk dapat mengetahui gaya kita, kita bisa mencoba hal kecil tersebut yang dapat membuat rencana ke depannya dalam meningkatkan efektivitas kepemimpinan Anda.

Baca Juga  Kumpulan Kata-kata Romantis terbaru 2021

Anda bisa mempraktikkan perilaku baru sehingga menjadi kebiasaan atau dengan kata lain bisa karena terbiasa.

Dalam proses melatih atau mengenmbangkan kebiasaan dakan memimpin, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan selalu kembangkan. Beberapa hal yang bisa Anda kembangkan dan perlu diperhatikan adalah

  • Pastikan Anda mencatat setiap langkah, baik itu aksi atau reaksinya.
    Hal ini dikarenakan untuk mengetahui efek dari setiap tindakan yang Anda buat dan menjadi jurnal Anda sendiri dalam mengembangkan kepribadian
  • Tanyakan kolega atau kerabat mengenai prosesnya
    Kolega atau kerabat merupakan orang orang yang selama ini support Anda dalam menjalankan usaha Anda sendiri. Pastikan mereka juga menjadi tolak ukur bagaimana leadeship Anda berkembang dengan baik
  • Tanyakan Bawahan atau team mengenai proses dan hasilnya.
    Pastinya seorang pemimpin menjalankannya tidak sendirian, mereka ada orang orang dibalik layar yang secara berkelanjutan meneruskan Anda. Mereka yang menjadi roda dalam Anda mengerjakan semua pekerjaan.

Sehingga silahkan berlatih untuk jadi seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang memang Anda harapkan. Namun selalu check dan kroschek bagaimanaproses dan hasilnya.

Mengembangkan Ketangkasan Kepemimpinan Anda

Gaya tradisional memang masih dapat digunakan di tempat kerja saat ini, namun mereka bisa mengkombinasikan dengan pendekatan baru yang selajan dengan kepemimpinan dalam abad-21 ini.

Lingkungan kerja atau bisnis saat ini dipenuhi dengan berbagai tantangan karena adanya perubahan demografi serta ekspetasi karyawan yang tinggi dalam tenaga kerja yang beragam ini. Hal tersebut dibutuhkan generasi pemimpin baru yang merupakan campuran dari sebagian besar kepemimpinan.

Gaya yang lincah dan fleksibel merupakan gaya yang sangat diperlukan untuk dapat memimpin bakat masa kini. Hal tersebut dilakukan untuk dapat menyesuaikan gaya yang lama dengan gaya yang terbaru.

Sebagai penutup, Maka pastikan Gaya kepemimpinan yang Anda terapkan kepada kelompok, instansi, usaha Anda semuanya berkembang. Jangan terpaku pada satu buah teknik saja dimana hanya akan membuat Anda terjebak pada pola yang sama terus menerus.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.