Bahaya! Inilah 4 Dampak Negatif Telat Ganti Oli Motor

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
telat ganti oli

Oli merupakan salah satu unsur terpenting dalam memaksimalkan kinerja mesin kendaraan bermotor. Fungsi oli antara lain sebagai pelumas, pembersih, pelindung, dan juga pendingin mesin. Dengan adanya oli mesin kendaraan bermotor bisa awet dan tahan lama.

Sering dipakai, membuat volume oli akan terus berkurang. Untuk itu jangan sampai telat ganti oli motor ya! Karena bisa berdampak buruk seperti beriku ini.

Suara atau getaran mesin jadi tidak nyaman

telat ganti oli

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa oli berfungsi sebagai pelumas mesin. Dengan ini, membuat gesekan antara mesin akan berkurang.

Cairan oli yang sudah kotor atau kering dapat membuat mesin bekerja lebih ekstra dengan gesekan yang lebih besar, sehingga akan menimbulkan suara atau getaran mesin yang membuat Anda tidak nyaman saat berkendara.

Kinerja mesin menurun

telat ganti oli

Saat dalam kondisi kering, oli yang jarang diganti akan menjadi kotor dan mengental. Dengan mengentalnya oli tersebut akan membuat mesin tidak mampu bekerja secara optimal atau kinerjanya semakin berat.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengganti oli tepat waktu agar mesin motor bisa bekerja dengan baik.

Boros Bahan Bakar

telat ganti oli

Karena mesin harus bekerja secara ekstra akibat kotor atau keringnya oli, maka kendaraan akan membutuhkan tenaga yang lebih besar dari biasanya. Peningkatan inilah yang nantinya akan menguras lebih banyak bahan bakar minyak untuk memenuhi tenaga yang diperlukan.

Untuk itu, jangan sampai telat ganti oli motor dan menggantinya secara rutin agar konsumsi bahan bakarnya tidak menjadi boros.

Mesin overheating

telat ganti oli

Selain berfungsi sebagai pelumas, oli motor juga berperan aktif dalam melindungi mesin motor. Jika Anda telat ganti oli, maka kemungkinan besar dapat mengakibatkan overheat atau panas berlebih pada mesin motor. 

Nah, itu tadi empat dampak negatif telat ganti oli motor. Apabila masalah tersebut dibiarkan begitu saja, maka lama kelamaan akan membuat kerusakan pada mesin, misalnya silinder sebagai tempat pembakaran dapat melengkung

Baca Juga  Fakta atau Mitos, Isi Bensin Penuh Baik untuk Mesin ?
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.