3 Manfaat Penting Kayu Bajakah Kalimantan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Kayu Bajakah memiliki berbagai manfaat dalam dunia kesehatan, salah satunya dapat digunakan sebagai obat kanker. Kayu ini berasal dari Kalimantan Tengah. Penelitian terkait kayu ini masih terbatas, sehingga diperlukan adanya penelitian lebih lanjut dalam mengetahui manfaat lain dari kayu ini.

Penelitian terkait kayu bajakah telah dilakukan 3 pelajar SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mereka berhasil memperkenalkan pada dunia mengenai khasiat kayu ini dalam ajang World Invention Creativity Olympic pada tahun 2019. Khasiat yang terkandung ditemukan setelah dilakukannya uji laboratorium dan percobaan pada tikus.

Memangnya Apa sih Kayu Bajakah ini ?

Khas Gresik, Gresik,
sumber : courtina.id

Spatholobus littoralis Hassk atau yang biasanya disebut kayu bajakah ini merupakan tumbuhan yang memiliki dampak positif bagi kesehatan setiap orang.

Tanaman ini berbentuk seperti akar yang merambat ke pohon-pohon lainnya. Sehingga banyak orang Kalimantan yang menyebutnya kayu atau batang bajakah karena bentuknya yang mirip dengan akar pada tumbuhan.

Tumbuhan ini tidak hanya tumbuh di Kalimantan, tapi juga tumbuh di Jawa hingga Filipina. Namun di tumbuhan ini banyak ditemui di Kalimantan Tengah sehingga masyarakat menyebutnya kalau tumbuhan ini berasal dari sana. Suku dayak, yakni suku asli di pulau Kalimantan menggunakan kayu ini sebagai obat tradisional untuk melawan kanker.

Cara mereka mengonsumsinya yaitu tanaman ini dijemur sampai kering lalu direbus dalam lapisan air sehingga berbentuk seperti teh.

Apa Saja Kandungannya ?

Khas Gresik, Gresik,
sumber : oyimedia.com

Kayu Bajakah mengandung antioksidan yang tinggi dari tanaman yang bersifat antikanker lainnya.

Beberapa peneliti dari Universitas Lambung Mangkurat, yakni Eko Suhartono, dkk menyebutkan bahwa akar tanaman bajakah ini mengandung beberapa komponen kimia kelenjar bawah otak yang dapat berfungsi sebagai antikanker.

Pada tanaman ini juga terdapat komponen flavoid dan tanin yang berperan untuk melepaskan komponen hidroksil yang mengikat sel kanker dan mencegahnya untuk membesar.

Lalu Apa Saja Manfaatnya ?

Khas Gresik, Gresik,
sumber : harapanrakyat.com

Dari kandungan yang berada di dalam kayu bajakah ini bisa membawa beberapa khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kayu ini yang perlu kita ketahui :

Sebagai Antikanker

Manfaat ini berhasil ditemukan oleh pelajar dari SMAN 2 Palangkaraya yang menjadi juara internasional setelah melakukan penelitian pada tanaman tersebut. Pelajar tersebut memakai 2 tikus yang telah disuntikkan substansi sel kanker yang sudah tumbuh untuk bahan percobaan.

Baca Juga  7 jenis buah yang wajib kamu konsumsi saat diet

Lalu sel kanker yang telah disuntikkan pada tikus mulai tumbuh yang ditandai dengan munculnya beberapa bagian tubuh yang membengkak dari kepala hingga ekor tikus. Setelah itu tikus tadi diberikan 2 jenis obat yang berbeda.

Tikus yang pertama diberikan bawang dayak yang sudah diolah menjadi cairan, tikus yang kedua diberikan air rebusan kayu ini.

Setelah berlalu 50 hari, tikus yang mendapatkan cairan bawang mati, sementara itu tikus yang diobati dengan air rebusan bayu bajakah tetap sehat dan dapat berkembang biak dengan baik.

Bisa Menyembuhkan Luka

Penelitian dilakukan oleh Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin membuahkan hasil dengan khasiat kayu ini yang dapat menyembuhkan luka.

Penelitian ini menggunakan 24 tikus Wistar yang dibagi dalam 6 kelompok secara acak lalu kemudian masing-masing kelompok diberikan luka sayat. Tikus tersebut dikasih salep yang mengandung ekstrak etanol kayu ini.

Alhasil, salep yang dioles ektrak etanol kayu ini memberikan efektivitas dalam penyembuhan luka sayat dari tikus. Hal tersebut dapat dikatakan karena kayu ini memiliki kandungan tanin dan saponin.

Senyawa tersebut dapat merangsang terjadinya angioganesis yang merupakan  salah satu bagian untuk proses penyembuhan luka.

Memiliki Kemampuan Antibakteri

Selain menyembuhkan luka penelitian yang dilakukan di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin ini membuahkan hasil dalam kemampuan antibakteri.

Pada penelitian ini, menghasilkan aktivitas antibakteri dari ektrak etanol kayu ini terhadap bakteri Escherichia coli. Senyawa yang ada pada kayu ini yang menimbulkan aktivitas ini kemungkinan flavoid, tanin, dan saponin.

Berdasarkan cara kerjanya, flavonoid akan bereaksi dengan merusak membran mikroba dan saponin akan merusak dinding bakteri dan membuatnya pecah. Sementara tanin akan menghambat pembentukan sel bakteri.

Untuk cara kerjanya, saponin akan merusak dinding pada bakteri dan membuatnya pecah, sedangkan flavoid akan bereaksi dengan merusak membran pada mikroba, dan yang tanin akan memperlambat pembentukan sel bakteri.

Kemampuan ini berpotensi untuk menangani berbagai penyakit infeksi. Sampai saat ini, banyak masyarakat daerah setempat memanfaatkan kayu ini untuk obat sakit perut, diare, dan disentri.

Bagaimana cara mengonsumsinya ?

Kayu ini biasanya dikonsumsi menjadi minuman herbal. Beberapa produk juga dijual di pasaran dalam bentuk ektrak akar bajakah yang berbentuk halus.

Berikut cara mengonsumsi kayu bajakah dalam bentuk teh:

  1. Campurkan 2 sendok bubuk akar bajakah dengan 1 cangkir air
  2. Rebus selama 40-45 menit, lalu tambahkan lemon jika perlu
  3. Tuang melalui saringan
  4. Bumbui dengan gula, madu, atau sedikit kayu manis untuk dikonsumsi jika diperlukan.
Baca Juga  Kumpulan Kata-Kata Bijak Islami Terbaru 2021

Kayu bajakah memiliki senyawa fenolik positif, flavonoid, saponin, dan tanin. Senyawa tanin dan saponin ini merangsang angiogenesis, yang merupakan bagian penting dari proses penyembuhan luka.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.