3 langkah atau cara masuk cPanel

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
masuk cpanel

Jika sebelumnya kita sudah berkenalan dengan siapa dan apa itu cPanel, selanjutnya mari kita bahas tentang bagaimana cara masuk cPanel, masuk cPanel dalam arti juga bagaimana cara menggunakannya.

Disaat anda memulai atau ingin membuat sebuah website, pastinya langkah pertama yang anda lakukan adalah membeli layanan hosting. lalu anda akan mendapatkan detail login, biasanya berupa Username dan Password yang mana akan anda gunakan untuk login masuk cPanel nantinya. Mungkin untuk sebagian orang yang sudah berpengalaman dalam dunia website ini sedikit diluar kepala, karena mungkin ada sudah biasa login masuk cPanel untuk konfigurasi website anda, namun untuk sebagian orang yang baru memulai didunia website pasti akan kebingungan bagaimana cara login dan menggunakan cPanel. Maka dari itu, mari kita simak secara seksama bagaimana step by step untuk login ke cPanel.

Langkah-langkah masuk cPanel

Pertama, mari kita ulas dari awal sekali, dimana saat anda membeli hosting dan domain anda akan dikirimkan sebuah email yang berisi data detail informasi akun hosting yang sudah ada beli.

Langkah selanjutnya pastikan disaat anda menerima email dari pihak layanan hosting anda pastikan diEmail tersebut anda juga mendapatkan yaitu username dan password untuk login ke cPanel. Lalu untuk cara mengakses cPanel sendiri ada 3 cara yang kami sarankan yang bisa anda pilih, nah berikut caranya :

  1. http://[namadomain]/cpanel
  2. http://[namadomain]:2082
  3. http://cpanel.[namadomain]

untuk 3 cara diatas berlaku jika anda membeli domain dan hosting dalam tempat yang sama.

Setelah itu pengguna bisa buka mesin pencarian dan ketikkan satu dari 3 cara diatas, kami mencontohkan menggunakan domain server kami sendiri yaitu member.sinarhadiwijaya.id jadi ketikkan saja http://member.sinarhadiwijaya.id/cpanel atau http://member.sinarhadiwijaya.id:2082 lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

masuk cpanel

Nah setelah muncul tampilan seperti pada gambar diatas, anda tinggal memasukkan username dan password akun cPanel dengan benar kemudian klik Log In.

jika berhasil anda akan langsung diarahkan pada dashbord akun cPanel hosting ayng anda beli. Seperti yang sudah kita bahas, ada berbagai macam menu didalam cPanel. Bagi anda yang masih pemula dan ingin mengenal cPanel lebih jauh dan ingin berkenalan dengan menu-menu pada cPanel bisa klik link berikut yang kami arahkan ke Channel Youtube kami https://www.youtube.com/watch?v=izTIXJ87uJE&t=336s

Baik mungkin itu saja pembahasan tentang bagaimana cara masuk ke cPanel, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Baca Juga  Cara Menonton Siaran Televisi Digital
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.