3 Fakta Unik Tentang Cumi-Cumi, Hewan yang Dapat Mengeluarkan Tinta Hitam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
cumi-cumi

Bicara mengenai cumi-cumi? Cumi-cumi merupakan salah satu hewan laut yang mana banyak sekali dicari oleh para nelayan. Cumi-cumi tersebut memiliki suatu bentuk yang sangat khas, yakni memiliki sebuah bentuk memanjang, dan memiliki warna yang sangat beragam.

Terdapat banyak sekali jenis-jenis cumi-cumi yang terdapat di laut. Cumi-cumi tersebut sering kali dimanfaatkan dalam menu hidangan yang terdapat di beberapa rumah makan. Karena cucmi-cumi ini tidak hanya enak apabila dikonsumsi, namun juga banyak sekali gizi yang terdapat di dalamnya.

Khas Gresik, Gresik,
https://www.pertanianku.com/

Fakta Unik Cumi Cumi

Cumi-cumi tersebut hanya dapat hidup pada dalam air laut saja. Cumi-cumi juga mempunyai banyak sekali keunikan yang terdapat pada tubuh daripada ikan cumi-cumi tersebut. Berikut kami akan mengupas tentang fakta unik daripada cumi-cumi yang dapat menambah pengetahuan Anda.

Merupakan hewan lunak

Keunikan dari cumi tersebut yakni, termasuk dalam kategori hewan lunak. Cumi ini hidup pada air di dalam laut yang asin. Lain daripada itu, cumi juga termasuk dalam sebuah golongan hewan yang bertulang lunak yang mana sering kali disebut dengan Moluska.

Akan tetapi, cumi tersebut berbeda dengan hewan siput, kerang dan lain sebagainya, yang mana mempunyai sebuah cangkang yang guna sebagai rumah mereka dan untuk melindungi dirinya dari hewan predator lain yang hendak akan menyergap dan memangsanya.

Khas Gresik, Gresik,
https://www.popmama.com/

Jenis ikan Cumi ini meskipun tidak mempunyai tulang belakang, dan juga tidak mempunyai otot-otot yang kuat, guna untuk melindungi dirinya ketika dalam bahaya. Otot-otot inilah yang sifatnya paling kuat sebagai perlindungan diri bagi mereka para cumi, selama hidup di dasar laut.

Dapat mengeluarkan tinta hitam

Keunikan selanjudnya yang dimiliki oleh cumi-cumi yakni adalah bisa mengeluarkan sebuah tinta hitam. cumi juga mempunyai alat pelindung diri yang sangat khusus, yang mana berbeda dengan ikan yang terdapat pada dasar laut lainnya.

Cumi mempunyai senjata yang sangat ampuh yang mana terdapat pada area tubuhnya yang bisa mengeluarkan sebuah cairan tinta yang berwarna hitam. Adapun guna daripada tinta hitam tersebut digunakan untuk mengelabuhi musuhnya dikala cumi tersebut merasa terancam.

Khas Gresik, Gresik,
https://today.line.me/

Dengan cara mengeluarkan sebuah cairan tinta hitam ini, air laut tersebut akan keruh berubah menjadi hitam. Dan dari hal tersebut akan membuat musuh daripada cumi tersebut akan kesulitan dalam menyergap cumi, karena air yang hitam sebab tinta yang telah dikeluarkan dari tubuh cumi.

Baca Juga  Mengenal Ikan Lumba-Lumba, Mamalia Laut yang Sangat Cerdas

Sehingga cumi tersebut dapat lolos dan melarikan diri dengan selamat dari serangan dan ancaman musuh yang datang. Tinta tersebut banyak dihilangkan pada waktu cumi di olah menjadi makanan, agar ketika selesai dimasak cumi tersebut tidak berwarna gelap.

Dapat memancarkan cahaya di dalam laut

Selanjudnya cumi memiliki sebuah keunikan yang tidak dimiliki oleh hewan laut lainnya. Yakni, bisa memancarkan sebuah cahaya pada dalam air laut. Terkadang ketika pada waktu siang haripun laut gelap, apalagi pada waktu malam tentunya tidak ada pancaran cahaya apapun.

Khas Gresik, Gresik,
https://web-japan.org/

Adapun guna daripada cahaya cumi ini adalah cumi bisa bergerak dengan bebas dan juga dapat berenang kemanapun cumi akan pergi. Dari situlah kegunaan cahaya cumi yang bisa membantu cumi dalam menunjukkan jalan yang bisa cumi lewati.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.