3 Cara Memelihara Ikan Hias Channa yang Jadi Pujaan semua orang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp
ikan hias channa

Tidak disangka kalau ikan gabus yang sering kali dikonsumsi sebagai lauk tersebut juga mempunyai beragam jenis yang mana cocok sekali kalau dijadikan sebagai ikan hias. Adapun golongan daripada Channidae atau Snakehead ini adalah salah satu ikan predator yang juga hidup di air tawar.

Adapun genus yang sering kali banyak ditemukan di Asia adalah genus channa. Sementara terdapat banyak sekali spesies yang mana memiliki sebuah tubuh yang sangat menawan. Dan dari sekian banyaknya para pecinta ikan hias tersebut sering kali menyebut mereka dengan sebutan Channa.

Meskipun sama-sama jenis ikan gabus, ikan hias channa ini merupakan salah satu ikan hias yang memiliki harga cukup mahal. Beberapa dari spesies dari ikan tersebut bisa mencapai harga jutaan rupiah. Meski demikian ini tak menghalangi para pecinta ikan hias untuk memilikinya. Kalau Anda minat dalam memeliharanya, berikut kami akan cantumkan beberapa caranya.

Satu ekor ikan dalam satu aquarium

Sebagian spesies daripada channa ini dapat tumbuh sekitar kurang lebih 40 cm. Adapun untuk channa Micropeltes atau sering dikenal dengan Giant Snakehead ini bahkan bisa memiliki ukuran sampai tubuh sampai 1 meter. Oleh karena itu, sangat penting dalam mempertimbangkan jenis channa dengan ukuran aquariumnya.

Khas Gresik, Gresik,
https://www.cnnindonesia.com/

Saran kami buat Anda semua para pecinta ikan hias, apabila Anda memelihara ikan hias channa ini, usahakan jangan sampai ditaruh atau diletakan bersama ikan-ikan lainnya. Karena channa ini dapat menyerang dan memangsa sesama para penghuni aquarium. Jadi, usahakan taruh di aquarium yang khusus untuk channa.

Penataan aquarium

Channa bukanlah tipe perenang yang aktif, namun ikan hias channa lebih cenderung bergerak pada permuaan air untuk mengambil udara dan channa juga banyak yang berenang pada tengah permukaan air. Sebagai salah satu predator penyergap yang cukup ganas.

Khas Gresik, Gresik,
https://www.cnnindonesia.com/

Ikan hias hanna juga suka jika hidup di dasar aquarium, dengan melihat daripada kebiasaan ini, Anda dapat mendekorasi sebuah aquarium yang menarik dan indah kalau dipandang oleh mata. Lebih lagi, kalau dilengkapi dengan gua untuk channa bersembunyi serta hiasan-hiasan menarik lainnya.

Pangan

Khas Gresik, Gresik,
http://nakamaaquatics.id/

Pada umumnya ikan hias channa memakan jangkrik, cacing dan serangga-serangga kecil lainnya. Pada dasarnya channa merupakan salah satu ikan omnivora atau pemakan segalanya. Maka dari itu, Anda dapat melatih channa mulai dari kecil dengan memberi makan seekor udang kecil, kerang, dan daging.

Baca Juga  5 Jenis Ikan Arwana Paling Terpopuler, Dengan Harga Ratusan Juta Rupiah
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.